Rabu, 15 Oktober 2014

Posted by Shofi
No comments | 06.35

Pend. Bahasa Indonesia, Jurusankuu.. :D

" F.K.I.P Bahasa Indonesia "
FKIP kepanjangan dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, diantaranya bahasa inggris, matematika, bahasa indonesia, dsb. Kebetulan sayan sejak memasuki jenjang SMK di Negeri 1 Purwosari, saya mulai berminat menggeluti pelajaran bahasa indonesia.
Dari sini saya memberanikan mendaftarkan diri ke ekstrakulikuler jurnalistik yang ada di sekolah dulu. Dan untuk melanjutkan kegemaran saya dibidang tulis menulis, saya memutuskan memilih prodi jurusan pendidikan bahasia indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang.
Mungkin banyak yang beranggapan apa bagusnya masuk bahasa indonesia? Ya, inilah alasan yang mendorong saya menempatkan pilihan hati pada prodi ini.
Bahasa sendiri sebagai Pilar Utama Pendidikan Karakter. Sebagaimana kita ketahui bersama, sistem pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008: 623) karakter merupakan sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain; tabiat; watak. Dengan demikian, karakter (watak, tabiat) dapat dipahami sebagai sikap, tingkah laku, dan perbuatan baik atau buruk yang berhubungan dengan norma sosial. Oleh karena itu, erat kaitan antara karakter dan interaksi sosial.

Sebagai makhluk sosial manusia tentu melibatkan bahasa saat berinteraksi dengan sesamanya. Bahasa merupakan unsur penting kebudayaan. Transformasi budaya selama ini berlangsung tiada lain karena peran bahasa pula. Ungkapan ”bahasa menunjukkan bangsa” telah terbukti. Melalui bahasa kita dapat mengetahui budaya dan pola pikir suatu masyarakat. Karakter seseorang tampak dari perilaku berbahasanya, sebagaimana ditegaskan oleh Effendi (2009: 75) bahwa cara berpikir seseorang tercermin dalam bahasa yang digunakannya. Jika cara berpikir seseorang itu teratur, bahasa yang digunakannya pun teratur pula.

Menurut saya, keunggulan atau kelebihan yang terdapat pada jurusan bahasa indonesia adalah mampu berbicara, mendengar, menyimak segala jenis bentuk kosa kata dan pengucapan dengan baik dan benar.
Tanpa meninggalkan kodrat dari diri kita yaitu Indonesia, kita mampu mendorong bahasa yang penuh kejujuran ini ke tingkat internasional agar negara kita tercinta ini dapat melayang lebih tinggi daripada awan di langit.
Selanjutnya dengan memilih pendidikan bahasa indonesia, saya lebih merasa bahwa inilah dunia saya, dunia yang saya ingin capai di masa depan kelak.
sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Anime Myspace Comments